ويرى
انتفاوتها يرجع الى واحد من ثلاثة اسباب
١.
فاما ان تفاوتهما يرجع الى الغريرة التي
يتوصل الى معرفتها
٢.
او ان
تفاوتهما يرجع الى المدى نفعها للانسان
٣ . و
ان تفاوتها يرجع الى المكان الذي تدرس فيه.
Dikatakannya
(Imam Ghazaly) bahwa perbedaan keutamaannya terletak pada salah satu diantara
tiga sebab sebagai berikut:
1.Adakalanya
perbedaan itu disebabkan oleh keutamaan insting (naluri) yang ada pada
seseorang.
2.Perbedaannya
terletak pada sejauh mana kegunaan ilmu itu bagi umat manusia.
3.Perbedaannya
terletak pada tempat dipelajarinya.
ان الغزالي قسم العلوم ورتبها حسب ضرورتها واهميتها للمتعلم, وحسب ما
وضع لها من قيم مختلفة.
وهكذا يكون المنهج الدراسي الذي وضعه
الغزالي منظما كالاتي حسب اهمية العلوم التي يشملها:
١.
اللمرتبة الاولى :
القران الكريم وعلوم الدين كا لفقه والسنة, واللتفسير
٢. المرتبة
الثانية : علوم اللغة ( العربية ) والنحو, ومخارج الحروف والالفاظ, وهي علوم تخدم
علوم الدين.
٣ . المرتبة
الثا لثة : فروض الكفا ية وهي علوم الطيب,
والحساب, والصنا عا ت المحتلفة بما فيها السياسة.
٤. المرتبة الربعة : العلوم الثقافية كااشعر,
والادبي, والتاريخ, وبعض فروع الفلسفة مثل الرياضيات, والمنطق، وبعض العلوم
الطبية, التى لاتدخل فيما وراء الطبيعة, وعلم السياسة والخلقية.
Imam
Ghazaly mengklasifikasikan dan menyusun ilmu sesuai dengan kebutuhan dan
kepentingan bagi seorang murid dan sesuai dengan nilai-nilai yang berbda-beda
yang terdapat dalam ilmu tersebut.
Dengan
demikian metode pembelajaran yang diciptakan oleh Imam Ghazaly. Menurut
tingkatan keutamaan cakupannya, tersusun sebagai berikut:
1.Tingkat
pertama, Al-Qur’an dan ilmu-ilmu pengetahuan agama, seperti Fiqih, Sunnah, dan
Tafsir.
2.Tingkat
kedua, Ilmu bahasa Arab dan ilmu Nahwu serta ilmu makharijul huruf yang
diabdikan kepada ilmu pengetahuan agama.
3.Tingkat
ketiga, ilmu pengetahuan yang hukum mempelajarinya fardhu kifayah seperti ilmu
kedokteran, matematika, dan ilmu perusahaan yang dibeda-bedakan antara satu
dengan yang lain oleh managemen dan administrasinya.
4.Tingkatan
keempat, ilmu kebudayaan seperti seni sastra, syair-syair, sejarah, logika dan
sebagian ilmu kedokteran yang tidak termasuk dalam ilmu metafisika.
على
ان هذه النزعة الواقعية النفعية هي التى تميز الفلسفة البراجماسية. وانه ليبدو
عجيبا ان يكون لمثل هذا العالم الدينى المتصوف اتجاه عملي واقعي كهذا, وانما يمكن
تعليل هذه الظاهرة بنبوغ الغزالى الفكرى, وسعة افقه. فلم يعمه التصوف, والتعبد عن
ضروريات الحياة بنواحيها, وقد اهتم الغزالى فى اعداد منهجه بالعلوم الدينية
والخلقية, كما اهتم بالعلوم الضرورية لحياة المجتمع, اي انه اهتم بالنواحى
الواقعية فى الحياة, تلك التى لايستغنى عنها مجتمع ولا يستقيم بدونها, كما اكد
الغزالى النواحى الثقافية, وبين ما فى العلم من متعة, ولذة, وبانه يجب ان يطلب
لذاته.
Imam
Ghazaly dalam mempersiapkan metodenya benar-benar memperhatikan ilmu
Pengetahuan Agama dan Moral. Sebagaimana beliau juga memperhatikan ilmu-ilmu
pengetahuan yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan masyarakat. Dengan kata lain,
beliau sangat memperhatikan segi-segi faktual dalam kehidupan yang sangat
dibutuhkan oleh masyarakat dan masyarakat itu sendiri tidak akan tegak tanpa
dia, sebagaimana halnya beliau juga mengokohkan segi-segi kebudayaan. Beliau
menjelaskan manfaat dan kelezatan ilmu pengetahuan itu sendiri.
لكن
الغزالى لم يعز العلوم الفنية, اوالجمالية اي اهتمام, على ان هذا يرجع بطبيعة
الحال لتصوفه وتقشفه.
Namun
Imam Ghazaly kurang memperhatikan Ilmu Kesenian maupun estetika. Hal itu
kembali kepada pandangan hidupnya yang serba tasawuf serta sikapnya yang
menjauhi kemewahan dan keindahan.
وان
العلم يجب ان يقترن بالعلم بكيفية العمل, ثم العمل باخلاص واجتهاد, ولا ادل على
ذلك من قوله: " الناس كلهم هلكى الاالعالمون, والعالمون كلهم الا العاملون
والعاملون كلهم هلكى الا المخلصون".
Ilmu
pengetahuan itu hendaknya harus dibarengi dengan petunjuk bagaimana cara
mempraktekkannya, kemudian pengalamannya dengan ikhlas dan tekun. Tak ada dalil
yang lebih jitu dalam hal ini selain ucapannya “Manusia itu seluruhnya akan
punah kecuali orang-orang yang berilmu, dan orang-orang yang berilmu ini pun
semuanya akan lenyap kecuali orang-orang yang mengamalkan ilmunya itupun
seluruhnya juga akan binasa kecuali orang-orang yang ikhlas dalam beramal”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar