Minggu, 02 Juni 2013

ringkasan alqiroah



ويرى انتفاوتها يرجع الى واحد من ثلاثة اسباب
 ١.         فاما ان تفاوتهما يرجع الى الغريرة التي يتوصل الى معرفتها
٢.        او ان تفاوتهما يرجع الى المدى نفعها للانسان          
٣ .         و ان تفاوتها يرجع الى المكان الذي تدرس فيه.       

Dikatakannya (Imam Ghazaly) bahwa perbedaan keutamaannya terletak pada salah satu diantara tiga sebab sebagai berikut:
1.Adakalanya perbedaan itu disebabkan oleh keutamaan insting (naluri) yang ada pada seseorang.
2.Perbedaannya terletak pada sejauh mana kegunaan ilmu itu bagi umat manusia.
3.Perbedaannya terletak pada tempat dipelajarinya.

ان الغزالي قسم العلوم  ورتبها حسب ضرورتها واهميتها للمتعلم, وحسب ما وضع لها من قيم مختلفة.
وهكذا يكون المنهج الدراسي الذي وضعه الغزالي منظما كالاتي حسب اهمية العلوم التي يشملها:
١.         اللمرتبة الاولى : القران الكريم وعلوم الدين كا لفقه والسنة, واللتفسير
٢.        المرتبة الثانية : علوم اللغة ( العربية ) والنحو, ومخارج الحروف والالفاظ, وهي علوم تخدم علوم الدين.
٣ .         المرتبة الثا لثة  : فروض الكفا ية وهي علوم الطيب, والحساب, والصنا عا ت المحتلفة بما فيها السياسة.
٤.      المرتبة الربعة : العلوم الثقافية كااشعر, والادبي, والتاريخ, وبعض فروع الفلسفة مثل الرياضيات, والمنطق، وبعض العلوم الطبية, التى لاتدخل فيما وراء الطبيعة, وعلم السياسة والخلقية.

Imam Ghazaly mengklasifikasikan dan menyusun ilmu sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan bagi seorang murid dan sesuai dengan nilai-nilai yang berbda-beda yang terdapat dalam ilmu tersebut.
Dengan demikian metode pembelajaran yang diciptakan oleh Imam Ghazaly. Menurut tingkatan keutamaan cakupannya, tersusun sebagai berikut:
1.Tingkat pertama, Al-Qur’an dan ilmu-ilmu pengetahuan agama, seperti Fiqih, Sunnah, dan Tafsir.
2.Tingkat kedua, Ilmu bahasa Arab dan ilmu Nahwu serta ilmu makharijul huruf yang diabdikan kepada ilmu pengetahuan agama.
3.Tingkat ketiga, ilmu pengetahuan yang hukum mempelajarinya fardhu kifayah seperti ilmu kedokteran, matematika, dan ilmu perusahaan yang dibeda-bedakan antara satu dengan yang lain oleh managemen dan administrasinya.
4.Tingkatan keempat, ilmu kebudayaan seperti seni sastra, syair-syair, sejarah, logika dan sebagian ilmu kedokteran yang tidak termasuk dalam ilmu metafisika.
على ان هذه النزعة الواقعية النفعية هي التى تميز الفلسفة البراجماسية. وانه ليبدو عجيبا ان يكون لمثل هذا العالم الدينى المتصوف اتجاه عملي واقعي كهذا, وانما يمكن تعليل هذه الظاهرة بنبوغ الغزالى الفكرى, وسعة افقه. فلم يعمه التصوف, والتعبد عن ضروريات الحياة بنواحيها, وقد اهتم الغزالى فى اعداد منهجه بالعلوم الدينية والخلقية, كما اهتم بالعلوم الضرورية لحياة المجتمع, اي انه اهتم بالنواحى الواقعية فى الحياة, تلك التى لايستغنى عنها مجتمع ولا يستقيم بدونها, كما اكد الغزالى النواحى الثقافية, وبين ما فى العلم من متعة, ولذة, وبانه يجب ان يطلب لذاته.
Imam Ghazaly dalam mempersiapkan metodenya benar-benar memperhatikan ilmu Pengetahuan Agama dan Moral. Sebagaimana beliau juga memperhatikan ilmu-ilmu pengetahuan yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan masyarakat. Dengan kata lain, beliau sangat memperhatikan segi-segi faktual dalam kehidupan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan masyarakat itu sendiri tidak akan tegak tanpa dia, sebagaimana halnya beliau juga mengokohkan segi-segi kebudayaan. Beliau menjelaskan manfaat dan kelezatan ilmu pengetahuan itu sendiri.
لكن الغزالى لم يعز العلوم الفنية, اوالجمالية اي اهتمام, على ان هذا يرجع بطبيعة الحال لتصوفه وتقشفه.
Namun Imam Ghazaly kurang memperhatikan Ilmu Kesenian maupun estetika. Hal itu kembali kepada pandangan hidupnya yang serba tasawuf serta sikapnya yang menjauhi kemewahan dan keindahan.

وان العلم يجب ان يقترن بالعلم بكيفية العمل, ثم العمل باخلاص واجتهاد, ولا ادل على ذلك من قوله: " الناس كلهم هلكى الاالعالمون, والعالمون كلهم الا العاملون والعاملون كلهم هلكى الا المخلصون".

Ilmu pengetahuan itu hendaknya harus dibarengi dengan petunjuk bagaimana cara mempraktekkannya, kemudian pengalamannya dengan ikhlas dan tekun. Tak ada dalil yang lebih jitu dalam hal ini selain ucapannya “Manusia itu seluruhnya akan punah kecuali orang-orang yang berilmu, dan orang-orang yang berilmu ini pun semuanya akan lenyap kecuali orang-orang yang mengamalkan ilmunya itupun seluruhnya juga akan binasa kecuali orang-orang yang ikhlas dalam beramal”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar